Review Kyoukai no Kanata, Anime Moe Action garapan Studio Kyoto Animation

Kyoukai Kanata sering kali disebut-sebut sebagai salah satu Anime Action Terbaik di Tahun 2013. Anime ini adalah anime yang diadaptasi dari Light Novel karangan Nagomu Torii yang terbut sejak 9 Juni 2012 dan sudah mencapai volume ke 3. Anime ini diproduksi oleh Studi Kyoto Animation yang terkenal dengan desain karakter moe-nya, dan rilis pada musim 2013 silam, di musim yang sama dengan Kuroko no Basket 2nd Season, Magi: The Kingdom of Magic, Little Busters!: Refrain, Nagi no Asukara, Kill la Kill, Log Horizon, Non Non Biyori, White Album 2, Golden Time dan anime lainnya.

Story
Dalam dunia Kyokai no Kanata, diceritakan bahwa youmu (siluman) muncul akibat dari kegelapan hati manusia, dan ada orang-orang berkekuatan khusus yang disebut Spirit World Warrior yang bertugas membasmi para youmu tersebut. Akihito Kanbara adalah seorang pemuda half-youmu yang memiliki kemampuan penyembuhan luar biasa dan tidak bisa mati. Suatu sore di atap sekolahnya, dia bertemu dengan Mirai Kuriyama, seorang gadis Spirit World Warrior yang memiliki kemampuan bertarung dengan mengendalikan darahnya sendiri. Gadis itu langsung memberikan "salam perkenalan" dengan menusuk Akihito dengan pedang tepat di dada, namun kemampuan Akihito yang tidak bisa mati membuatnya selamat. Sejak itu, Mirai mengikuti Akihito dengan alasan ingin menjadikan Akihito sebagai objek latihan bertarungnya, dan keseharian Akihito pun mulai diisi dengan keberadaan Mirai. Tanpa disadari Akihito, pertemuannya dengan Mirai adalah pertemuan takdir yang akan mengubah hidup dan hatinya, serta menjadi awal dari berbagai kejadian yang perlahan mengungkapkan misteri yang melibatkan dirinya, Mirai, dan orang-orang di sekelilingnya. 


KnK mengangkat tema dan premis star-crossed lovers, dimana dua orang yang seharusnya tidak boleh memiliki hubungan dekat, perlahan menyadari kalau mereka sebenarnya mirip karena masing-masing menyimpan kegelapan dalam diri mereka, dan hal itu justru membuat mereka saling mengerti kepedihan dan kesedihan yang dialami oleh masing-masing, dan pada akhirnya saling jatuh cinta. Melalui Akihito dan Mirai, KnK sekali lagi menunjukkan the power of love, bagaimana seseorang bisa menjadi begitu kuat dan seberapa jauh dia bisa bertindak demi melindungi orang yang berharga baginya.

Meski tema dari KnK sebenarnya termasuk cukup sering diangkat, tapi KnK berhasil mengemas hubungan Akihito dan Mirai dengan manis disertai selipan-selipan comedy dari kekonyolan masing-masing karakter yang membuat KnK menjadi begitu colorful dan fresh, tapi tanpa meninggalkan esensi 'kegelapan' yang sebenarnya membayangi Akihito dan Mirai. Sejak episode pertengahan, pada akhir episode setelah ED sequence, seringkali diletakkan adegan-adegan penutup yang seolah berfungsi seperti potongan puzzle atau petunjuk mengenai misteri yang menyelimuti Akihito dan tujuan keberadaan Mirai yang sebenarnya, dimana potongan puzzle tersebut kemudian disatukan dan dijelaskan pada klimaks di episode-episode akhir. Alur cerita yang seringkali melompat-lompat terkadang mungkin perlu perhatian lebih untuk dimengerti, tapi justru hal itu mungkin bisa menjadi nilai tambah dari keunikan KnK. Kisah romance-comedy dalam KnK pun menjadi semakin menarik dengan adanya unsur fantasy dan action yang dikombinasikan dengan apik dan menawan. Bisa dibilang KnK masuk ke dalam salah satu Anime Bergenre Romance Comedy Terbaik yang Direkomendasikan.


Meski demikian, KnK memiliki kelemahan terbesar yang seringkali terjadi pada anime-anime yang hanya memiliki waktu tayang 1 season alias 12-13 episode, yakni plot hole yang diakibatkan kurangnya eksplorasi dan penjelasan akan hal-hal detail, seperti tidak adanya penjelasan mengenai ibu Akihito, Izumi, dan khususnya penjelasan mengenai Mirai pada ending dari cerita yang rasanya justru jadi plot hole terbesar (I'm trying not to spoil anything here..haha..). Selain itu, unsur fan service khususnya pada Mirai, terkadang terasa sedikit terlalu dipaksakan, meski secara overall tidak sampai mengurangi kualitas cerita.

Karakter
Untuk segi karakter, pada episode awal sampai pertengahan atau first-half, mungkin karakter Mirai terasa agak labil, but u have to keep on watching 'till the end to truly understand her :). Secara overall, rasanya para karakter utama maupun supporting dalam KnK berhasil dikembangkan dengan baik, dimana seiring dengan cerita, background story para karakter semakin tereksplor dan para karakter supporting pun menyumbang peranan yang cukup signifikan dalam cerita. Our lovely couple in KnK and some of the supporting chara are: 


Akihito Kanbara : Our lead male, seorang pemuda half-youmu yang mempunyai kemampuan penyembuhan luar biasa dan tidak bisa mati. Dari luar dia terlihat seperti pemuda SMA biasa yang ceria, easy-going, ramah, dan maniak gadis berkacamata, tapi dalam hatinya, dia sebenarnya kesepian karena sejak dulu dijauhi dan dianggap aneh oleh orang sekitarnya, dia juga menyimpan kesedihan dan perasaan bersalah karena kepribadian youmu nya pernah hampir membunuh Hiromi dulu. Awalnya Akihito hanya menganggap Mirai gadis manis berkacamata sekaligus Spirit World Warrior yang aneh dan kikuk, tapi perlahan dia malah jadi semakin peduli dengan Mirai, dan tidak bisa diam saja ketika mengetahui gadis itu bertindak gegabah dan menghadapi bahaya. Dia mengetahui masa lalu Mirai dan kemampuan unik yang dimilikinya, tapi pandangannya terhadap Mirai sama sekali tidak berubah karena dia memahami kepedihan yang dirasakan oleh Mirai. Dihidupkan dengan sangat pas oleh Kenn, yang juga mengisi suara untuk Anji Kuroki dalam Samurai Flamenco dan Dino dalam Katekyo Hitman Reborn!

Mirai Kuriyama : Our lead female, seorang Spirit World Warrior yang bertugas membasmi youmu. Gadis yang polos, manis, dan baik hati, tapi teguh pendirian dan sedikit keras kepala. Mirai berasal dari clan yang memiliki kemampuan bertarung dengan mengendalikan darahnya sendiri, kemampuan yang membuatnya dianggap terkutuk, bahkan di antara Spirit World Warrior. Sejak awal dia menemui Akihito dengan memiliki satu tujuan, tapi seiring dengan kebersamaan mereka, Mirai justru semakin menyadari bagaimana Akihito sebenarnya, kebaikan dan ketulusan hatinya, meskipun Akihito juga sebenarnya menyimpan kepedihan seperti dirinya. Hal itu menumbuhkan perasaan yang lain dalam hatinya, perasaan yang membuatnya rela mengorbankan apapun, termasuk nyawanya, untuk melindungi Akihito. Dihidupkan dengan sangat manis oleh Risa Taneda yang juga mengisi suara untuk Asami Oikawa dalam Say "I Love You" dan Yukina Himeragi dalam Strike The Blood. 


Hiroomi Nase : Spirit World Warrior teman dekat Akihito yang memiliki kemampuan mengendalikan kekkai (barriers) sekaligus merupakan putra keluarga Nase yang bertugas mengawasi Spirit World Warrior. Dari luar tampak dingin, tapi sebenarnya memiliki sister complex terhadap Mitsuki dan maniak terhadap gadis dengan image "little sister". Dia pernah hampir terbunuh oleh kepribadian youmu Akihito dulu, tapi hal itu tidak membuatnya takut pada Akihito, dia justru dengan tulus peduli padanya sebagai seorang teman dan seringkali menjadikan Akihito korban keisengannya. Disuarakan oleh Tatsuhisa Suzuki, sang vokalis band OLDCODEX, yang juga mengisi suara untuk Takao Kazunari dalam Kuroko no Basuke series dan Makoto Tachibana dalam Free!

Mitsuki Nase : Spirit World Warrior adik kesayangan Hiroomi yang juga memiliki kemampuan mengendalikan kekkai dan bertarung dibantu oleh youmu peliharaannya yang bernama Yakiimo. Gadis manis yang seringkali bersikap cuek dan dingin, tapi sebenarnya kesepian karena sejak kecil dia diajarkan bahwa seorang Spirit World Warrior tidak boleh membangun hubungan dengan orang lain. Mitsuki sebenarnya sangat peduli terhadap teman-temannya. Dia bertugas mengawasi Akihito di sekolah, tapi secara pribadi dia juga sangat peduli pada Akihito sebagai teman. Disuarakan oleh Minori Chihara yang juga menyanyikan lagu OP dari KnK, dan yang juga mengisi suara untuk Yuki Nagato dalam The Melancholy of Haruhi Suzumiya series dan Chiaki Minami dalam Minami-ke series. 


Seiyuu
Pemilihan seiyuu untuk para karakter dalam KnK rasanya sangat pas dan menjadikannya begitu hidup. KnK membuat Kenn dan Risa Taneda masuk dalam daftar seiyuu favorite gw, karena performance Kenn dalam menghidupkan kebaikan dan kekuatan hati, sekaligus kekonyolan Akihito yang terasa sangat pas, I just love his voice ^^~. Risa Taneda pun berhasil menghidupkan Mirai dengan begitu manis dan adorable, polos, tidak kalah konyol dengan Akihito, sekaligus begitu kuat dan teguh.

Animasi
Nama Kyoto Animation di balik produksi KnK memang bisa jadi jaminan mutu untuk kualitas animasinya. Meskipun minim efek CG 3D, tapi artwork untuk para karakter, youmu serta background environment yang konsisten, solid dan detail menjadikan dunia KnK begitu indah dan colorful, sementara fast-paced battle scene serta special effect yang halus dan tajam, menjadikan action scene dalam KnK tidak kalah menawan dengan adegan sehari-harinya.

Desain karakternya pun oke banget. Moe Moe Kyun~


Music Score
Meski tanpa insert song, Hikaru Nanase yang juga menangani musik untuk Infinite Stratos series dan Chrono Crusade berhasil membangun suasana yang lembut dan manis, sekaligus memberikan sentuhan magis dan misterius melalui berbagai BGM instrumental dalam KnK. Lagu OST Terbaik di Anime Ini Pun Terbilang Cukup Bagus, terutama lagu endingnya ^^, and here's the list :

OP:
-"Kyoukai no Kanata" by Minori Chihara (Full MV version)

ED:
-"Daisy" by Stereo Dive Foundation (Short MV version)

Overall, Kyoukai no Kanata adalah anime yang RECOMMENDED, romance-comedy yang manis dengan balutan fantasy dan action yang menawan, didukung animasi yang solid dan halus, serta seiyuu performance yang mantap, meskipun terdapat plot hole khususnya pada ending. Gw pribadi berharap KnK akan dilanjutkan ke second season untuk mungkin menjelaskan plot hole pada ending tersebut serta berbagai hal yang belum dijelaskan pada season ini, and besides, I would love to see how the relationship between Akihito and Mirai will develop. :D

(+) love story dengan tema star-crossed lovers yang manis, comedy yang fresh, dikombinasikan dengan action scene, special effect dan animasi yang solid dan keren, great seiyuu performance.

(-) fan service yang kadang terlalu dipaksakan, ending yang mengandung plot hole.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »