Review BTOOOM!

Lagi nyari anime Full-Action yang bertemakan Survival Game? Kalo iya, kalian berada di tempat yang tepat karena mimin pengen mereview anime yang sedang kalian cari. Yap, Salah satu Anime Survival Game dengan Action Terbaik yang berjudul BTOOOM!

Anime ini bercerita tentang Sakamoto Ryouta, seorang NEET berumur 22 tahun yang menghabiskan kesehariannya dengan bermain game online, BTOOOM! Dia adalah player terbaik di Jepang sekaligus menempati peringkat ke 10 dunia di game tersebut. Namun kehidupannya berubah 180 derajat ketika dia bersama puluhan orang lainnya diculik dan dipaksa bermain dalam sebuah game saling bunuh di sebuah pulau terpencil tak berpenghuni.

Genre : Action, Romance, Thriller, Sci-Fi, Psychological

The Game Has Only Just Begun
- - -
This is Where Tomorrow Brings a New Game
It's Time to Learn that Pain is Gain
Ready Fight

Cuplikan lagu No Pain No Game, Lagu Opening dari BTOOOM! sendiri, benar-benar menggambarkan situasi seperti apa yang terjadi di animenya.

Bagaimana perasaan kalian ketika hidup kalian mendadak menjadi kacau? 
Dipaksa saling bunuh, saling berebut makanan dan tidak ada orang yang bisa kalian percaya didalamnya. Apa yang akan kalian lakukan?

A). Panik! Berteriak mencari pertolongan harapan akan ada orang yang membantu kalian.
B). Mencoba bekerja sama dengan seseorang dan berharap dia tidak akan mengkhianatimu.

C). Kebalikan dari point B. Dengan kata lain, kalian akan mengkhianati orang tersebut ketika dia sudah benar-benar mempercayaimu.

D). Mencoba jadi Solo Player, layaknya Kirito-kun di anime Swag Art Online (SAO) ?

Semuanya terasa mengerikan bukan?
Yap, itulah situasi yang menggambarkan anime keren yang satu ini, BTOOOM!


Killed or Be Killed.. Bunuh atau Dibunuh..
Mungkin itulah yang pertama kali muncul di pikiran kita ketika mendengar kata Survival Game. Norma-norma kehidupan tidak berlaku didalamnya. Begitupun dengan status kehidupan di dunia nyata, anak koruptor ataupun anak maling ayam, semua diperlakukan sama. Hanya hukum rimba lah yang berlaku, dimana yang kuat akan menindas yang lemah.

Setup dari Survival Game dibuat percis berdasarkan game online BTOOOM!. yaitu salah satu game online yang laris terjual di pasaran yang hanya menggunakan bom sebagai senjatanya.


Review :

Sebuah plot cerita berlatar survival game yang kini sudah mulai terasa terlalu lazim. Sekelompok orang terkurung di suatu tempat dan kemudian diharuskan saling membunuh untuk bisa menyelamatkan diri. Penggunaan bom yang bervariasi daripada senjata konvensional mungkin diharapkan dapat menjadi faktor pembeda, tetapi sayangnya, daripada memicu jenis strategi baru yang pintar atau mengejutkan, hal ini lebih banyak cuma menunjukkan berbagai macam cara menemui kematian yang tidak biasa--meledak, terbakar, ataukah dilumat zat asam.

Namun meski demikian, storytelling-nya mengalir cukup lancar. Meski datang secara bergantian, permasalahan dan musuh yang dihadapi Ryouta tidak pernah terpisah dalam misi yang berbeda-beda, tetapi selalu terasa terhubung dalam satu cerita yang tidak terputus. Misalnya, mengalahkan si A menyebabkan si B muncul. Atau setelah dikejar-kejar si C, bertemu dengan si D. Lalu, ada kisah romance antara Ryouta dan Himiko yang membuat anime ini menjadi salah satu Anime Romance Adventure Terbaik di Tahun 2012. Sebuah pengalihan yang secara efektif memberi dimensi alternatif kepada ceritanya dan sekaligus memberi sedikit emosi hangat kepada anime yang tujuan utamanya adalah memperlihatkan kekejaman ini.


Tak ketinggalan, soundtrack yang super keren pun turut serta mewarnai anime Full-Action ini. Terutama lagu openingnya, No Pain No Game, yang masuk ke dalam 20 Lagu OST Anime Terbaik yang Paling Enak untuk Didengar. Lagu tersebut seakan menyulut api semangat untuk meresapi setiap Action Scene yang membuat kita tak bisa mengedipkan mata. 

Namun sangat disayangkan, anime ini pun harus ditutup dengan ending yang tidak memuaskan. Ibarat orang yang seumur hidupnya menjadi Ustadz namun harus mati dengan keadaan Su'ul Khatimah. Yaa ujung-ujungnya masuk neraka juga.

Itulah gambaran kenapa anime sekeren BTOOOM! ini hanya mendapatkan skor 7.78 di MyAnimeList. Tapi bukan berarti anime ini tidak layak untuk ditonton. Anime ini termasuk salah satu anime anime yang direkomendasikan kok.

- - - - - - - -

Kalian sudah dapet bayangan kan gimana serunya anime ini? Mending buru-buru nonton deh dan rasakan sendiri sensasinya. Dijamin bisa mengobati kerinduan kalian terhadap Anime Full-Action. Kalo mau nonton anime bertemakan survival game lainnya, silahkan baca Review Mirai Nikki. Kali aja tertarik untuk nonton XD

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »